0
Saya ingin berbagi informasi tentang penyedia layanan Nama Domain Gratis untuk Anda, yaitu freenom.com. Di Freenom, Anda bisa mendapatkan Domain Gratis dengan ekstensi domain (dot)CF , (dot)GA , (dot)ML atau (dot)TK yang mana masing-masing Domain Gratis tersebut merupakan Country TLD.

Freenom – Free Domain Name
- .CF : Central African Republic
- .GA : Gabon
- .ML : Mali
- .TK : Tokelau

Anda cukup melakukan registrasi, dan dalam sekejap, domain yang Anda inginkan bisa Anda dapatkan. Tersedia panel domain untuk mengatur penggunaan Domain Gratis di Freenom, yaitu bisa diatur untuk:
- Redirect Domain (Contoh : Untuk redirect blog dari blogspot yang anda miliki.)
- Set Domain Name Server (Contoh : Set DNS ke IDHOSTINGER yang akan anda buat.)

Contoh :
(dot)GA -> www.bolehcoba.ga -> www.soer.ga
(dot)CF -> www.wanadry.cf
=====

Langkah-langkah mendapatkan domain gratis di freenom.com.

1. Silahkan buka website freenom.com, lalu pilih nama / domain yang anda inginkan. Contoh di bawah.
Saya memilih domain dengan nama "laravel" dengan ext (dot)ga.
2. Setelah anda pilih dan isikan pada kolom inputan, silahkan klik tombol hijau dengan icon kaca-pembesar. Maka anda akan masuk di halaman seperti di bawah ini, bila domain yang anda pilih belum digunakan oleh orang lain. Kemudian pilihlah masa 12 bulan.

3. Kemudian ganti setting ke "Use DNS" dan kemudian pilih tab "Your own DNS". Selanjutnya isikan "Server name" pertama dengan ns1.idhostinger.com dan kedua ns2.idhostinger.com tanpa mengisi kolom "IP address".

4. Pastikan terlebih dahulu ada pilihan/tombol "REGISTER A FREE DOMAIN NOW", lalu sebelum anda klik tombol tersebut, pastikan anda telah mengisikan captcha dengan benar.

5. Berikutnya, bila anda belum memiliki akun dari freenom.com, anda akan di arahkan untuk me-registrasi akun anda terlebih dahulu dengan email anda yang valid. Setelah itu anda akan menuju halaman untuk menambahkan domain tersebut pada akun anda seperti di bawah ini.

6. Bila telah selesai anda klik "ADD TO YOUR ACCOUNT", maka domain tersebut telah menjadi milik anda. Berikutnya, untuk men-setting domain anda, silahkan Login ke Akun freenom anda dengan mengisikan form login dan kemudian klik tombol LOGIN.

7. Domain telah berada pada domain-panel anda. Done.

8. Langkah berikutnya adalah mengubah setting default yang tadinya ditujukan ke server-name idhostinger, menjadi ke Freenom DNS Service.

9. Untuk memperoleh IP Address dari Idhostinger, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah pendaftarannya di -> SINI. Setelah anda memiliki akun Idhostinger dan meng-order hosting free, maka anda bisa mengambil IP Address-nya, dan kemudian anda tempatkan sesuai dengan di bawah ini.

10. Simpan. "Save Changes". Dan tunggulah beberapa saat (atau paling lama 2 X 24jam), nanti domain anda akan terhubung dengan hosting gratis anda pada idhostinger.

Tampilan awal website gratis anda pada saat awal running akan seperti ini.

Sekian informasi ini Saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top