0

SISTEM PAKAR—–Secara umum, sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.
Definisi Kecerdasan Buatan—-Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Ciri-Ciri

a. Ciri Sistem Pakar

Memiliki informasi yang lebih handal.
Mudah di modifikasi dan dapat beradaptasi.
Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.

b. Ciri Kecerdasan Buatan.

Pemrosesan AI lebih pada simbolik.

Tujuan

a. Sistem Pakar

1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utam)

2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)

3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

b. AI

Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
Meningkatkan output, produktivitas dan kualitas.
Kelemahan Sistem Pakar
Di samping memiliki beberapa keuntungan, sistem pakar juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain :

Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal.
Sulit dikembangkan. Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan ketersediaan pakar di bidangnya.
Sistem Pakar tidak 100% bernilai benar.
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN
Formal tasks (matematika, games)
Mundane task (perception, robotics, natural language, common sense,
reasoning)
Expert tasks (financial analysis, medical diagnostics, engineering,
scientific analysis, dll)
PERMAINAN (Game)
NATURAL LANGUAGE– Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari –hari
ROBOTIK DAN SISTEM SENSOR– Sistem sensor, seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat  dikategorikan kedalam suatu sistem yang luas yang disebut sistem robotik.
EXPERT SYSTEM—Sistem pakar (Expert System) adalah program penasehat berbasis komputer yang  mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.
Persamaan dan Perbedaan antar System Pakar dengan Kecerdasan Buatan
Persamaannya adalah sama-sama mempunyai tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu penyelesaian masalah. sedangkan perbedaannya:
Kalau system pakar mengacu kapada si perancang itu sendiri sebagai object dalam menyiapkan suatu system guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan Kecerdasan buatan mengacu kepada jalur atau langkah yang sebagian besar berorientasi kepada Hardware guna mencapai hasil yang maksimal.

Poskan Komentar

 
Top